A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 37

Backtrace:

File: /home/uversaci/senitari.uvers.ac.id/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 37
Function: _error_handler

File: /home/uversaci/senitari.uvers.ac.id/index.php
Line: 315
Function: require_once

MENJEMPUT TAMADUN MELAYU: Unjuk Tari Silat Bendera dan Partisipasi Bengkel Tanjak | Seni Tari UVERS
UNIVERSITAS UNIVERSAL

Seni Tari




MENJEMPUT TAMADUN MELAYU: Unjuk Tari Silat Bendera dan Partisipasi Bengkel Tanjak

Senin, 08 April 2019 ~ Oleh administrator ~ Dilihat 781 Kali

Yayasan Tunas Bangsa bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Propinsi Kepulauan Riau, Pernilam, Ahlul Tanjak Nusantara, serta Akademi Seni Tradisional Warisan Melayu mengadakan Seminar dan Bengkel Tanjak Warisan Alam Melayu di kota Tanjungpinang, pada tanggal 8 Maret 2019. 

Kegiatan yang dihadiri oleh para pelestari dan pecinta Tanjak Warisan Melayu dari berbagi daerah dari luar kota Tanjungpinang memberikan indikasi bahwa keberadaan Tanjak sebagai bagian dari warisan budaya Melayu masih dapat dilestarikan dnegan baik ke depan. Seminar diisi oleh narasumber dari Akademi Seni Tradisional Melayu, Malaysia yakni Dr.Dr(hc) Johan Iskandar. Usai kegiatan seminar, dilanjutkan dengan bengkel tanjak, yang diikuti oleh para peserta yang yang terdiri dari kaum laki-laki dan perempuan dengan profesi beragam.

Partisipasi Universitas Universal, tak hanya dalam bengkel tanjak melainkan diperkenankan tampil dalam acara pembukaan seminar dengan persembahan tari Silat Bendera, karya Widayanarto, S.Sn., M.Sn. Karya tari ini merupakan bagian dari hasil penelitian dosen pemula, Hibah Kemenristekdikti tahun 2018 yang dilakukan di Bentan Penao bersama anggota Mega Lestari Silalahi, S.S.n., M.Sn. Unsur silat Melayu yang kental direkayasa sedemikian rupa sehingga, silat tradisi Melayu di kemudian hari bisa disajikan oleh para penari, tak lagi oleh pesilat saja. Kali ini, tari Silat Bendera ditampilkan oleh Willy Monet Cahyanti, Melati Tamara, Widyanarto, S.Sn., M.Sn., dan Denny Eko Wibowo, S.Sn., M.A.

 

    

 

Seminar dan bengkel Tanjak yang diadakan memberikan banyak pengetahuan tentang bagaimana tanjak warisan tersebut diadakan dan dipelihara dengan 'adab' pembuatan dan perawatan yang baik. Berbagai macam nama tanjak ada di tanah Melayu ini, tetapi dalam kesempatan tersebut, peserta tanjak yang baru hanya mem[elajari cara membuat tujuh nama tanjak yakni Takur Tukang Besi, Nahkoda Trong, Mahkota Alam, Ajutan Bingas, Bugis Tak Balik, Anderiguru Selebu, dan Cogan Daun Kopi. Masing-masing nama tanjak memiliki cara pembuatan yang khas.  

     

 

Silat Bendera Tanjungpinang Tari Silat Bendera Widyanarto Revitalisasi Tanjak Tamadun Melayu
  1. TULISAN TERKAIT
  1. ARTICLES