A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 37

Backtrace:

File: /home/uversaci/senitari.uvers.ac.id/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 37
Function: _error_handler

File: /home/uversaci/senitari.uvers.ac.id/index.php
Line: 315
Function: require_once

BULUH PERINDU: Persembahan Himpunan Mahasiswa Seni Tari Universitas Universal Batam dalam Ajang Parade Tari Nusantara tahun 2019 tingkat Kota Batam | Seni Tari UVERS
UNIVERSITAS UNIVERSAL

Seni Tari




BULUH PERINDU: Persembahan Himpunan Mahasiswa Seni Tari Universitas Universal Batam dalam Ajang Parade Tari Nusantara tahun 2019 tingkat Kota Batam

Selasa, 14 Mei 2019 ~ Oleh administrator ~ Dilihat 647 Kali

Gelaran Parade Tari Nusantara tahun 2019 merupakan ajang ke-38 yang diselenggarakan oleh Taman Mini Indonesia Indah dalam menumbuh-kembangkan kreativitas bidang seni tari dan upaya pelestarian khazanah tari tradisional dari setiap daerah di Indonesia. Antusiasme masing-masing daerah diwujudkan melalui seleksi tim yang akan mewakili daerah tersebut untuk bertanding di ajang Parade Tari Nusantara tingkat Nasional. 

        

Batam melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata tingkat Kota menyelenggarakan seleksi tersebut di Mall Botania 2 pada tanggal 20 April 2019. Seleksi tingkat Kota Batam diikuti oleh enam peserta yakni Sanggar Duta Santarina, Sanggar Swarna Dwipa, Sanggar Wan Sendari, Himpunan Mahasiswa Seni Tari (Himmari) Universitas Universal, dan Givo Dancer. Kompetisi ini terbuka untuk umum, guna memilih dua perwakilan yang akan maju ke tingkat seleksi provinsi di Tanjungpinang, pada bulan Juli mendatang. 

Tema yang diangkat dalam karya tari sekaligus menjadi syarat perlombaan adalah "legenda obyek wisata daerah." Tema ini diambil dari dramatika/ dramaturgi cerita legenda dari daerah tertentu. Peserta yang malam itu bertanding membawakan cerita yang tumbuh dan berkembang di Batam, antara lain cerita legenda di Jembatan Barelang, Pulau Buluh, Pulau Putri, Batu Ampar, Tanjung Bemban, dan Telaga Bidadari. 

Gelaran seleksi Parade Tari Nusantara tahun 2019 tingkat kota Batam kali ini mengambil juri dari kota Batam, dengan penyelenggaraan yang diadakan di ruang publik pada malam hari. Keputusan dewan juri memberikan peringkat 3 Penyaji Terbaik kepada tim Himmari Uvers, yang mengangkat cerita Pulau Buluh. Koreografi yang digarap oleh Restu Gustian Asra dan Tata Rias Busana oleh Melati Tamara, keduanya adalah mahasiswa/i semester 2 Program Studi Seni Tari. 

  

Pulau Buluh kini hanya terkenang dengan cerita legenda yang masih berkembang di tengah masyarakatnya, yakni kisah pemburu, pelanduk, hutan bambu, dan Dewi Perindu. Kisah tersebut diwujudkan melalui tari garapan baru yang diiringi dengan musik khas Nelayu yang dipimpin oleh Rapiyadi. 

 

Prestasi yang diraih pada kesempatan ini, merupakan kehadiran awal dari geliat mahasiswa/i Seni Tari Universitas Universal dalam menyemarakkan bidang seni tari di kota Batam dan Kepulauan Riau pada umumnya. Persembahan perdana dalam kompetisi yang telah digelar bertahun-tahun dengan kompetitor dari sanggar seni yang telah lama berdiri dan berkecimpung dalam dunia seni tari di Batam, setidaknya mampu menandai keberadaan akademisi tari yang kemudian hari mampu bekerjasama sinergi dengan siapapun sehingga kesenian di kota Batam menjadi lebih berkembang. (dn) 

Paradetari Tari Uvers Himmari Paradetaribatam
  1. TULISAN TERKAIT
  1. ARTICLES